Bisnis

Tertarik Bisnis Barang Impor? Yuk, Cari Tahu Cara Menjadi Importir Berikut!

bisnis barang impor

Mau mulai usaha yang memiliki peluang bagus? Bisnis barang impor bisa menjadi pilihan. Seiring perkembangannya, barang-barang luar negeri mulai diminati oleh konsumen dalam negeri karena dianggap memiliki kualitas yang bagus. Tidak heran jika bisnis ini semakin banyak diminati.

Perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih membuat menjalin kerjasama dengan luar negeri bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. Pilihan jasa cargo hingga freight forwarding yang semakin mudah ditemukan juga membuat bisnis barang impor semakin mudah dilakukan.

Lebih jelas tentang bagaimana cara memulai bisnis barang impor hingga apa saja keuntungannya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Bisnis Barang Impor

Impor merupakan kegiatan memasukkan barang ke dalam wilayah pabean. Impor juga bisa diartikan sebagai kegiatan memasukkan barang dari satu negara ke dalam wilayah pabean negara lain. Dalam hal ini kegiatan impor berarti melibatkan dua negara.

Sedangkan bisnis barang impor adalah sebuah bisnis yang kegiatannya memasok barang dari luar negeri untuk dijual kembali di dalam negeri. Tujuannya dari kegiatan ini tidak lain untuk mencari keuntungan. Bisnis barang impor juga bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan barang yang tidak diproduksi di dalam negeri.

Semakin populernya tren belanja online, membuat peluang bisnis ekspor impor di Indonesia semakin menjanjikan. Barang impor biasanya memiliki kualitas yang bagus serta harga yang terjangkau sehingga Anda bisa memperoleh untuk cukup besar jika melakukan bisnis ini.

Baca Juga : Begini Tips Sukses Menjajal Bisnis Dropship Tanpa Modal

Bagaimana Cara Menjadi Importir

Untuk bisa menjadi importir dalam bisnis barang impor ini, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, antara lain:

1. Riset

Sebelum memulai bisnis barang impor, lakukan riset untuk menentukan produk apa yang akan dibeli. Setelah itu, pahami target pasar untuk mengetahui barang apa yang dibutuhkan sehingga peluang produk bisa terjual akan semakin besar.

2. Cari Supplier

Setelah mendapatkan produk dan target market yang sesuai, langkah selanjutnya adalah cari supplier yang bisa dipercaya. Pilih supplier yang terpercaya agar bisa mendapatkan barang yang berkualitas dengan harga terbaik. Anda bisa menemukan banyak supplier barang dari luar negeri dengan memanfaatkan situs jual beli seperti amazon.com, alibaba.com dan ebay.com.

3. Pahami Prosedur Pengiriman

Proses pengiriman barang dari luar negeri pastinya berbeda dengan proses pengiriman barang dari dalam negeri. Maka dari itu, Anda harus memahami bagaimana prosedur perdagangan internasional yang telah ditetapkan dalam Peraturan Kementerian Perdagangan.

4. Buat Angka Pengenal Importir

Salah satu hal yang wajib dimiliki oleh orang yang ingin bisnis barang impor adalah Angka Pengenal Importir (API). Untuk memilikinya, Anda harus melakukan pendaftaran ke kantor kepabeanan dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Selain API, importir juga perlu memiliki API-U (Umum) sebagai bukti perizinan barang yang diimpor.

Keuntungan Bisnis Impor

Menjalankan bisnis barang impor bisa menjadi peluang usaha dengan keuntungan yang besar. Beberapa keuntungan menjalankan bisnis ini antara lain:

  • Bebas menentukan jumlah keuntungan yang ingin didapatkan
  • Tidak perlu memikirkan soal produksi barang
  • Mutu produk dijamin oleh produsen
  • Jangkauan penjualan yang luas

Ide Bisnis Impor

Seiring perkembangannya, barang impor semakin diminati oleh konsumen. Ada banyak ide bisnis impor yang menjanjikan untuk Anda coba, antara lain yaitu:

1. Impor Gadget

Gadget menjadi salah satu barang penting di era digital seperti sekarang ini. Dengan kebutuhan akan gadget yang semakin tinggi, bisnis impor gadget pastinya akan memiliki peluang yang menjanjikan.

Baca Juga : Ide Bisnis Anak Muda, Modal Kecil Untung Besar

2. Barang-Barang Unik

Impor barang-barang unik juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selain karena produknya yang jarang ditemukan di Indonesia, pilih juga produk yang memiliki bermanfaat. Contohnya seperti penjepit bungkus snack, holder gallon dll.

3. Impor Snack Luar Negeri

Impor snack luar negeri juga bisa menjadi ide bisnis barang impor yang bisa Anda coba. Banyaknya konten creator yang gemar mencoba berbagai snack aneh dan unik dari luar negeri membuat bisnis ini pasti akan disukai oleh banyak orang.

4. Impor Produk Elektronik

Produk elektronik yang berasal dari luar negeri terkenal akan kualitasnya yang sangat bagus. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis impor yang menjanjikan karena selain kualitas bagus, harga produk yang ditawarkan juga lebih murah.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih harus dimanfaatkan dengan baik, salah satunya untuk memulai bisnis barang impor. Dengan kualitas barang impor yang bagus serta harga terjangkau, bisnis ini pastinya cukup menjanjikan mengingat persaingan pasar bisnis barang impor juga masih relatif lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *