Bisnis

Tertarik Usaha Jastip Jepang? Ini Tipsnya Supaya Untung!

jastip jepang

Ada banyak usaha yang bisa diikhtiarkan guna menambah pemasukan saat ini, salah satunya adalah membuka jasa jastip jepang. Jepang merupakan salah satu negara yang menarik dengan produk-produknya yang unik. Terlebih Jepang terkenal dengan anime dan komiknya, membuat banyak orang bermimpi untuk bisa ke Jepang atau paling tidak menikmati produknya. Nah, membuka jastip Jepang merupakan salah satu bisnis yang berpotensi cuan.

Bagi Anda yang punya kesempatan untuk mengunjungi negara Jepang, maka tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini. Anda bisa menawarkan berbagai macam produk mulai dari baju, makanan, souvenir, hingga sepatu dan jam tangan dengan sistem pre order. Lantas bagaimana cara membuka usaha jastip Jepang dan tipsnya supaya bisa meraup untung? Yuk, simak ulasannya!

Apa Itu Jastip Jepang

Jastip Jepang merupakan usaha jasa penitipan produk tertentu dengan biaya titip yang telah disepakati. Jadi nantinya Anda akan membeli produk-produk yang telah dipesan oleh konsumen dengan biaya tertentu. Mengingat sulitnya di Indonesia untuk mendapatkan barang-barang asli Jepang, maka jastip Jepang merupakan bisnis yang potensial.

Umumnya biaya titip ditentukan oleh penjual, yang kemudian disepakati oleh pembeli. Jadi sebelum menitip, mereka sudah tahu berapa biaya titip yang dibebankan kepada mereka. Anda cukup membeli barang pesanan kemudian mendapatkan untung dari biaya titip tersebut. 

Baca Juga : Cara Menentukan Harga Jual Produk yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Modal Jastip Jepang

Modal jastip Jepang sebenarnya tidak ada, karena semua biaya ditanggung oleh pembeli. Gunakan sistem pre order dan usahakan hanya membelikan barang untuk konsumen yang telah membayar saja supaya Anda tidak ugi.

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa nantinya Anda juga perlu menalangi terlebih dahulu. Oleh sebab itu, pastikan konsumen Anda merupakan konsumen yang amanah dan loyal.

Tips Jastip Jepang

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjajal jastip Jepang ini, pastikan Anda menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Pahami Aturan

Sebelum memulai usaha jastip Jepang, pastikan Anda memahami aturan terlebih dahulu. Tidak hanya hukum di Indonesia, Anda juga harus paham dan taat hukum yang berlaku di Jepang. Pahami hukum yang berkaitan dengan barang bawaan penumpang dari Jepang keluar, dan sebagaimana. Pahami juga aturan terkait bea cukai dan barang impor.

2. Patuhi Bea Cukai

Untuk sukses bisnis jastip Jepang, Anda juga harus patuh terhadap aturan bea cukai. Saat berbelanja atau membeli oleh-oleh dari luar negeri, terdapat batas aman yang telah ditentukan. Jumlah barang yang dibebaskan dari bea cukai adalah US$500, jika lebih dari ini maka Anda akan dibebankan pajak.

3. Gunakan Sistem PO

Untuk meminimalisir kerugian saat pembeli mendadak membatalkan pesanannya, maka Anda perlu menggunakan sistem PO atau pre order. Dengan cara ini, pembeli telah mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu sehingga Anda tidak rugi. Anda juga sebaiknya memberikan batas atau tenggat waktu untuk pembatalan, misalnya saja beberapa jam sebelum produk dibeli.

Baca Juga : 5 Cara Mencari Produk yang Sedang Trend, Pebisnis Wajib Tahu!

4. Tentukan Produk

Pilih produk jastip yang sekiranya diminati oleh pembeli. Selain itu, sedari awal Anda juga sebaiknya telah memilih produk apa saja yang bisa dititip. Hal ini untuk meminimalisir waktu yang terbuang di Jepang ketika Anda mondar mandir dari satu toko ke toko yang lain. Pikirkan juga berapa biaya titip yang rasional.

5. Maksimalkan Media Sosial

Terakhir, manfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha Anda. Gunakan Instagram, Twitter, Facebook, atau status WhatsApp agar semakin banyak orang yang tahu dan tertarik dengan jastip Jepang Anda. Setelah berhasil mendapatkan pembeli, layani mereka dengan sebaik-baiknya jika ingin usaha Anda berkembang dan semakin sukses.

Nah, itulah beberapa hal tentang jastip Jepang yang sebaiknya Anda tahu. Jika tertarik untuk menjajal bisnis ini, persiapkan secara matang ya! Jangan lupa untuk menentukan produknya terlebih dahulu serta memaksimalkan teknik pemasarannya, juga gunakan ekspedisi terbaik untuk mendukung bisnis jastip Anda. Selamat mencoba!

peluang bisnis modal kecil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *