Bisnis

Tips Membuat Copywriting Produk yang Menarik

ilustrasi gambar seseorang sedang membuat copywriting

Mengetahui tips membuat copywriting produk yang menarik merupakan salah satu kunci sukses berbisnis di era digital seperti sekarang ini. Copywriting menjadi wadah promosi yang efektif sehingga membuat produk lebih mudah dikenal public dan menarik minat konsumen untuk membeli.

Copywriting merupakan salah satu strategi yang biasanya digunakan dalam digital marketing. Copywriting sendiri secara umum dapat diartikan sebagai tulisan yang bersifat persuasif atau mengajak yang dapat mempengaruhi pembaca sesuai tujuan yang telah ditentukan.

Copywriting memiliki banyak sekali manfaat, antara lain menyampaikan pesan, membangun citra, mengenalkan produk hingga meningkatkan omset penjualan. Lalu bagaimana cara membuat copywriting yang menarik agar bisa tepat sasaran sesuai tujuan yang telah ditentukan? Yuk, simak!

Baca juga: Wajib Tahu, Ternyata Ini Pentingnya Membuat Video Unboxing Bagi Pebisnis!

Langkah Membuat Copywriting Produk Agar Menarik

Agar tujuan dari copywriting bisa sampai kepada target dengan tepat, maka pembuatan konten copywriting produk juga tidak boleh sembarangan. Berikut ini cara membuat contoh copywriting menarik yang perlu Anda ketahui:

1. Pahami Product Knowledge

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membuat copywriting adalah memahami product knowledge terlebih dahulu. Tujuannya agar Anda lebih mudah menyampaikan informasi penting kepada pembaca sehingga pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan lebih mudah.

Ada beberapa hal yang perlu dipahami dalam product knowledge, diantaranya fitur dasar, fitur unggulan, hingga benefit yang akan didapatkan. Copywriting yang menarik harus mampu memuat tiga komponen penting dalam produk tersebut. 

2. Tentukan Audience

Setelah memahami product knowledge, langkah selanjutnya dalam membuat copywriting adalah menentukan audience. Hal ini penting agar tulisan yang Anda buat sesuai target sehingga tujuannya dapat tercapai. Dalam menentukan audience ini, ada tiga hal yang perlu Anda perhatikan yaitu lokasi yang disasar, usia dan jenis kelamin serta minat dan kebiasaan atau karakteristik target pasar.

3. Buat Headline yang Menarik

Orang akan tertarik untuk membaca tulisan yang Anda buat jika memiliki judul yang menarik. Maka dari itu, saat membuat copywriting iklan Anda harus bisa membuat headline atau judul yang membuat orang tertarik untuk membacanya. Namun pastikan, headline copywriting yang Anda buat tidak berlebihan karena justru akan membuat audience malas untuk membacanya.

4. Gaya Bahasa

Dalam membuat copywriting Anda juga perlu memilih gaya bahasa yang tepat. Pemilihan gaya bahasa ini harus disesuaikan dengan produk dan target pasar yang Anda sasar. Ada beberapa jenis gaya bahasa yang biasa digunakan dalam cara membuat copywriting, yaitu eksploratif, denotative, naratif, imajinatif, argumentatif, informatif, dan persuasif.

4. CTA

Salah satu unsur penting dalam membuat copywriting adalah CTA atau call to action. CTA merupakan kalimat ajakan yang memiliki daya tarik dan power serta seruan motivasi kepada audience untuk melakukan tindakan. CTA ditandai dengan kalimat “klik disini”, “buruan daftar sekarang” atau kalimat ajakan lainnya sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Baca juga: Cara Pintar Jualan Online Agar Raih Cuan Maksimal

Untuk membuat copywriting yang bagus, Anda juga perlu melakukan riset terlebih dahulu. Salah satunya adalah riset kompetitor untuk mengetahui seberapa kuat kompetitor sehingga Anda bisa memilih strategi copywriting yang tepat. Dengan tips membuat copywriting produk yang tepat, akan menarik minat audience untuk mengetahui produk Anda hingga percaya untuk membeli produk tersebut.

peluang usaha agen pengiriman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.