Bisnis

Memaksimalkan Bisnis Anda Dengan Strategi Word of Mouth

word of mouth marketing

Pernahkah Anda mendengar khasiat produk oleh orang-orang sekeliling Anda? Seperti dari teman dan keluarga? Nah, inilah salah satu strategi Word of Mouth, yang seringkali membuat kita untuk tertarik juga membelinya, karena mendengar beragam kebaikan dari produk tersebut. Sesuai dengan istilahnya, Word of Mouth berarti kata-kata dari mulut atau dalam dunia marketing adalah pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut.

Lalu apa saja sih sebenarnya manfaat dan strategi dari Word of Mouth untuk memaksimalkan bisnis Anda? Simak ulasan selengkapnya berikut ini mengenai Word of Mouth. 

Apa yang dimaksud dengan Word of Mouth?

Orang-orang seringkali membagian pengalaman menggunakan sebuah produk atau jasa kepada orang sekelilingnya. Misalkan produk skincare bagus yang membuat jerawatnya hilang, dan berbagai produk lainnya. Mereka cenderung menceritakan secara berulang agar teman-teman terdekatnya mendapatkan manfaat yang sama dengan dirinya.

Melansir dari laman Investopedia, pemasaran Word of Mouth adalah ketika minat dari konsumen pada produk atau layanan perusahaan tercermin dalam percakapan sehari-hari mereka. Pada intinya, Word of Mouth marketing ini adalah sebuah iklan gratis yang dipicu oleh pengalaman pelanggan, dan seringkali adalah sesuatu yang melampaui ekspektasi. 

Nah, dengan melihat fakta bahwa 78 persen dari orang memuji pengalaman terbaru favorit kepada orang yang mereka kenal setidaknya seminggu sekali. Dengan melihat data seperti ini, siapa yang tidak mau memanfaatkan strategi Word of Mouth? Anda tidak perlu membayar iklan untuk Word of Mouth marketing ini, sebab semua dilakukan dengan gratis. 

Manfaat Word of Mouth Marketing

Lantas, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari Word of Mouth marketing ini? Simak daftar manfaatnya berikut ini;

  1. Meningkatkan Popularitas Brand Anda

Manfaat pertama dari pemasaran Word of Mouth adalah untuk meningkatkan popularitas brand Anda. Ketika produk Anda dibicarakan oleh banyak orang, maka secara otomatis merek Anda akan semakin populer. Semua ini adalah berkat dari pemasaran mulut ke mulut, dan tidak jarang hal ini akan membuat produk Anda menjadi viral di media sosial. Seringkali konsumen juga membagikan pengalaman baiknya di media sosial seperti Twitter, dan Instagram. 

  1. Tidak Memerlukan Biaya yang Besar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa strategi Word of Mouth ini tidak perlu memerlukan biaya yang besar, tidak seperti Anda yang harus mengeluarkan uang untuk biaya iklan, promosi, dan lain-lain agar Anda mendapatkan calon pelanggan baru. Namun sebaliknya, dengan adanya Word of Mouth marketing, konsumen akan datang sendiri secara otomatis, berkat dari mereka yang mendengar pengalaman baik tentang produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen Terhadap Brand

Manfaat selanjutnya dari strategi Word of Mouth adalah dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand. Karena yang menceritakan pengalaman baik mengenai produk adalah orang-orang terdekatnya, konsumen cenderung untuk lebih percaya, dan akhirnya dapat meningkatkan kepercayaan terhadap merek Anda. Menariknya lagi, terdapat fakta bahwa terdapat 90 persen orang yang lebih percaya dari brand rekomendasi. 

  1. Meningkatkan Penjualan

Setiap bisnis apapun, pastinya menginginkan produk atau jasanya laku di pasaran dan penjualan terus meningkat. Manfaat berikutnya ini dari strategi Word of Mouth adalah untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Inilah yang menjadikan Word of Mouth begitu penting, oleh sebab itu banyak dari perusahaan yang menggunakan strategi Word of Mouth ini yang mendorong pelanggan untuk merekomendasi layanan atau produk mereka dan berbagi pengalaman positif. 

Strategi Menggunakan Word of Mouth

Lalu, bagaimana sih strategi menggunakan Word of Mouth untuk memaksimalkan bisnis Anda? Berikut ini adalah strateginya;

  1. Pentingnya Memberikan Pengalaman Terbaik Bagi Pelanggan

Strategi pertama dalam menggunakan Word of Mouth adalah dengan memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan. Apabila secara kualitas, produk Anda sudah oke, konsumen akan bercerita atau membagikan reviewnya kepada orang-orang terdekat atau followersnya di media sosial. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan dapat menjangkau audiens yang lebih luas, berkat dari review di media sosial tersebut. 

  1. Minta Konsumen Memberi Testimoni atau Review

Strategi selanjutnya dalam menggunakan Word of Mouth adalah meminta konsumen Anda untuk memberi testimoni atau review. Bisa melalui media sosial, ataupun review di toko online Anda. Calon pelanggan tentunya lebih suka membeli barang jika terdapat ulasan yang bagus. Namun sederhanakan dalam proses reviewnya, agar pelanggan bersedia meninggalkan testimoni. 

  1. Terima Saran Perbaikan dari Konsumen

Untuk bisa memaksimalkan bisnis Anda, pastinya Anda juga memerlukan masukan dari berbagai pihak, salah satunya adalah dari konsumen Anda. Sebab, merekalah yang menggunakan produk atau jasa Anda. Anda bisa menuliskan informasi kontak customer service Anda untuk menampung berbagai masukan dan kritik dari para pelanggan Anda. Saran inilah yang dapat dipertimbangkan untuk kemajuan bisnis Anda. 

  1. Bangun Interaksi dengan Konsumen di Medsos

Strategi Word of Mouth berikutnya adalah dengan bangun interaksi dengan konsumen di media sosial secara aktif. Inilah waktunya Anda untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan maupun calon konsumen Anda. Misalkan saja, Anda memiliki staff admin untuk membalas komentar postingan, yang merespon direct message di medsos ataupun menjawab pertanyaan dari para followers. 

  1. Gunakan Strategi Key Opinion Leader (KOL)

Apa Anda pernah mendengar key opinion leader? Apa perbedaannya dengan influencer? Nah, key opinion leader ini biasanya orang yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu. Misalkan saja seorang dokter kecantikan yang merekomendasikan produk skincare tertentu. Tentunya KOL ini lebih dipercaya karena mereka punya skill dan profesi khusus. Berbeda dengan influencer, yang hampir mirip dengan KOL, namun mereka tidak memiliki keahlian khusus seperti KOL. 

  1. Sediakan Konten untuk Konsumen Bagikan

Strategi berikutnya menggunakan Word of Mouth adalah dengan menyediakan konten untuk konsumen bagikan. Konten ini tidak harus selalu mengenai promosi produk, namun Anda bisa menciptakan konten yang kreatif seperti permainan yang bisa diikuti followers ataupun giveaway yang bisa meningkatkan engagement media sosial Anda. 

  1. Berikan Hadiah Kejutan untuk Konsumen Terbaik

Untuk bisa memaksimalkan bisnis menggunakan strategi Word of Mouth ini, Anda bisa memberikan hadiah kejutan untuk konsumen terbaik. Inilah salah satu cara untuk menghargai konsumen-konsumen Anda. Misalkan saja terdapat konsumen yang melakukan pembelian terbanyak, Anda bisa memberikan hadiah kejutan missal voucher menginap di hotel ataupun hadiah menarik yang lainnya. Demikianlah ulasan kali ini mengenai memaksimalkan bisnis Anda dengan strategi Word of Mouth. Gabung menjadi mitra online seller SAP Express dan dapatkan berbagai keuntungannya seperti mendapatkan gratis website toko online dan jangkauan COD terluas. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *